Minggu, 06 Januari 2013

Family trip 2013 - Dieng Bromo

Liburan tahun baru 2013 kali ini kami memilih liburan di dalam negeri dengan mengunjungi Kawah Dieng di Wonosobo dan Kawah Bromo di Probolinggo Jawa timur. Sebuah perjalanan darat dengan menggunakan Nissan Evalia 2012. Sekalian test drive kendaraan baru hehe.Kami berangkat pada hari minggu 30 Desember 2012 dan kembali ke Jakarta pada 4 Januari 2013 dengan melalui rute sepanjang 1783,9 km.

Minggu 30 Desember 2012
Berangkat pukul 6.00 wib menuju Jawa tengah dengan tujuan Semarang. Di temgah jalan kami mengubah rute menjadi ke Purwokerto dan langsung ke Wonosobo. Kami mengubah tujuan Kawah Dieng menjadi tujuan pertama (semula tujuan akhir).
Masuk kota Wonosobo kami di hadang hujan lebat. Dengan mengandalkan internet, kami  menemukan hotel tua yang keren, namanya hotel Kresna yang berlokasi di dekat alun-alun  kota Wonosobo. Pukul 20.00 wib kami masuk kamar dan mandi. Pukul 21:00 wib kami sempet keluar  hotel mencari makan. Di kota dingin ini banyak sekali yang menjual bakso dan kami memilih mengisi perut malam ini dengan Bakso.

Senin 31 Desember 2012
Pukul 6.00 wib kami berputar-putar menikmati indahnya alun-alun Wonosobo. Pemandangannya  alun-alun berlatar belakan gunung kembar , hmm gunung apa yah ? Sepertinya gunung sindoro-sumbing.
Pukul  08:00 wib kami breakfast di hotel sementara anak-anak kami bermain di kolam renang yang sangat dingin. Byurrr
Pukul 10:00 wib kami melanjutkan perjalanan wisata kami yang pertama, Taman Wisata Kawah Dieng.  Membutuhkan kurang dari 1 jam kami tiba di kawasan Dieng. Kami langsung menuju kawasan candi Semar dkk. Hujan turun. Perjalan selanjutnya ke Kawah Dieng yang indah. Sampe juga kami ke kawah dieng. Karena sudah semakin sore, kami langsung ke Jogjakarta tanpa sempet ke lokasi wisata lain di Dieng seperti Danau Telaga Warna dan lain-lain
Pukul 21:00 wib kami sampai di Jogjakarta dan menginap di rumah family. Tahun baru kami meilih tinggal di rumah dan melewatkan dengan ditemani hujan.

Selasa 1 Januari 2013
Pukul 10.00 wib kami langsung menuju Bromo. Jalan yang kami lalui adalah jalur Jogja-solo-Tawangmangu-Sarangan-Magetan-Jombang-Pasuruan-Tosari. Nisan Evalia kami ngos-ngosan di tanjakan Tawangmangu-Sarangan. Lalu dengan mengandalkan GPS, akhirnya kami tiba di Tosar, tempat penginapan sebelum naek ke Bromo. Kami tiba pukul 03.00 wib pagi, karena terkena macet di tawamangu dan dihajar hujan lebat sepanjang perjalanan

Rabu 2 Januari 2013
Pukul 10:00 wib kami bergerak ke Bromo. Sengaja rada siang biar agak kosong dan bisa bebas memotret  (alias gak ngejar sunrise). Dengan hard-top sewaan kami menuju pananjakan tempat  melihat sunrise. Suasana sangat berkabut dan sepi (sudah bukan jam sunrise kan hehhee).  Sesudah dari lokasi sunrise dimana kami melihat indahnya gunung bromo, kami menuju kawah dengan perjalanan melintasi padang pasir. Sayangnya saat itu hujan turun, sehingga pasirnya rada basah. Kami tak memiih jalan ke kawah dan hanya foto di bawah saja dan disekitar pura (karena membawa anak-anak kecil, rasanya sulit mengajaknya menuruni kawah)
Pemandangan di Bromo sangat menakjubkan
Pukul 14:00 wib kami kembali ke Jombang dan berisitirahat. Tiba di Jombang pukul 18:00 wib bersama dengan hujan lebat. Lalu tepat pukul 22:00 wib kami berangkat menuju semarang. Rute yang kami ambil adalah Jombang-Madiun-Sragen-Solo-Salatiga-Semarang

Kamis 3 Januari 2013
Pukul 08:00 wib kami masuk kota Semarang dan langsung mampir ke  SimpangLima dan McD jalan Pandanaran. Disana  kami tak lupa membeli oleh-oleh Ikan Bandeng Presto yang terkenal . Jelang tengah hari kami menuju onnjek wisata Lawang Sewu. Nah lho, inilah objek wisata misteri dimana kami melihat-lihat gedung tua dengan banyak pintu. Salah satu yang kami kunjungi di komplek gedung tua itu adalah penjara bawah tanah dimana pernah dipakai Uji Nyali dari sebuah Televisi Swasta. Cukup menyeramkan tapi layak di kunjungi
Pukul 14:00 wib kami melanjutkan perjalanan menuju pekalongan dan istrirahat sejenak.
Pukul 19:00 wib kami berangkat dari pekalongan non-stop ke Jakarta.

Jumat 4 Januari 2013
pukul 03:00 wib Dengan penuh kantuk, kami tiba di jakarta  dengan selamat pada pukul. Melelahkan tapi super seru.