Jumat, 18 Januari 2013

Virus di Smartphone

Saya pernah membeli notebook berbasis windows7 dan digunakan untuk keperluan sekolah anak saya. Belum ada sebulan sudah rusak karena diserang virus. Saya harus ke vendor untuk di reinstall dan diperbaiki. Kemudian saya membeli iPhone 4GS (tentu tanpa antivirus) dan hingga saat ini gadget saya tidak mengalami gangguan apa pun. Apakah ini dapat disimpulkan bahwa gadget atau smartphone relatif lebih aman daripada Notebook berbasis windows ?


Itu salah satu pertanyaan yang saya ajukan dalam acara Ngopi dengan Detikinet bersama para pakar IT, yaitu Alfons Tanujaya (Antivirus Specialist), Djatmiko Wardoyo (Marcomm Director Era Jaya) dan Lucky Sebastian (Gadget Enthusiasm) di Auditorium Bank Mega lt.3 JL. Kapten P. Tendean Kav 12 - 14A Jakarta Selatan pada hari Rabu, 16 Januari 2013 lalu. Ngopi atau Ngobrolin Seputar Isue IT ini dipandu oleh Reni Riswanda.

Kembali ke pertanyaan awal saya, para pembicara intinya menyampaikan bahwa tidak bisa serta merta disebutkan iPhone lebih aman dari notebook. Apalagi kalo dilihat bahwa trend serbuan virus di smartphone semakin meningkat dibandingkan perangkat komputer.

Sebenarnya saya sendiri sedikit rada kurang percaya bila iPhone bisa diganggu virus. Namun Alfons Tanujaya memberikan sample link yang bisa dicoba pengguna smartphone yang bisa membuktikan bahwa bila link ini dimanfaatkan, dapat mengambil informasi dari smartphone kita ke pihak yang tidak berwenang (virus like). saya pun mencoba link-nya:

http://www.vaksin.com/2013/0113/ussd/ussd.html

Jika dijalankan akan menampilkan informasi dari gadget kita ke layar. silakan Anda coba dari Blackberry, iPhone dan androids Anda. Sampai disini, lumayan menyadarkan saya bahwa tak ada gadget yang terhindar dari virus. di iPhone hasilnya sbb:



Lucky Sebastian menambahkan, bahwa iPhone memang relatif lebih aman daripada smartphone lainnya, terutama karena semua aplikasi yang diinstall, harus melalui satu pintu, yaitu appstore. sehingga semua aplikasi yang akan diinstall harus melalui pemeriksaan yang ketat.

Terakhir, Djatmiko Wardoyo, mengingatkan bahwa tidak perlu khawatir berlebihan terhadap gangguan virus. Harus percaya bahwa manfaat penggunaan smartphone lebih banyak manfaatnya.

Acara ini ditutup dengan pembagian aneka doorprize dan pembagian hadiah. Salah satu hadiahnya adalah untuk pertanyaan yang terbaik. Pertanyaan saya di atas, merupakan salah satu pertanyaan terbaik menurut penyelenggara dan mendapatkan 1 paket antivirus hehehee. Thanks Detikinet.

0 komentar: