Kamis, 23 Mei 2013

Undian

Siapa bilang bahwa konsep undian hanya ada di dunia primitf  atau di negara-negara yang masih bersifat tradisional ?  Di dunia yang sudah serba canggih ternyata undian masih tetap diperlukan bahkan di bidang kenegaraan.



Undian pada Pemilu di Filipina
Filipina baru-baru ini melakukan undian menggunakan koin untuk pemilu di kota pertanian San Teodoro, Filipina. Hal tersebut dilakukan setelah kedua kandidat walikota memperoleh jumlah suara yang sama dalam pemungutan suara, sehingga KPU dari San Teodoro di Filipina tersebut menetapkan pilihannya dengan undian koin karena hal tersebut memang dibenarkan berdasarkan undang-undang pemilu negara itu.

Kedua kandidat walikota dari kota pertanian San Teodoro di propinsi Mindoro Oriental Tengah, Filipina, sepakat untuk melempar koin masing-masing lima kali di sebuah kantor pemilihan setempat, dengan ketentuan calon yang paling banyak menghadapkan bagian kepala koin ke atas dinyatakan sebagai pemenang.
Dengan demikian Negara  tidak membutuhkan biaya yang superbesar untuk melakukan Pemilu Putaran kedua seperti yang terjadi di Indonesia pada Pemilu presiden mapun pemilu Gubernur.

Undian pada Green Card USA
Pemerintah Amerika Serikat mengadakan Undian Green Card bagi mereka yang memenuhi persyaratan sederhana, tetapi ketat untuk berimigrasi ke Amerika Serikat. Pemerintah Amerika setiap tahun menyediakan visa migrasi melalui Undian Green Card sebanyak 50.000 bagi mereka yang ingin pindah dan menetap di Amerika selamanya. Para peserta Undian Green Card Amerika ini dipilih berdasarkan undian melalui komputer. Tentu saja mengundi-nya menggunakan komputer, sebab jika harus menggunakan undian koin, kapan selesainya yah :-)

0 komentar: